Ide Proyek IMKA : Scanner E-KTP sebagai Solusi Penyampaian Bantuan Pemerintah Kepada Masyarakat

Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Asia Tenggara. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2015 indeks pembangunan manusia di Indonesia berkisar pada 69.55 dan menempatkan Indonesia pada peringkat 110 dari 188 negara dalam peringkat indeks pembangunan manusia. Hal tersebut merepresentasikan bahwa di Indonesia masih terdapat berbagai permasalahn dalam pembangunan manusia. Kita tahu bahwa angka kemiskinan di Indonesia juga tidak dapat dibilang sedikit. Berdasarkan world bank, sejumlah 68 juta orang di Indonesia rentan terhadap kemiskinan.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah berupaya untuk mengentaskan permasalahan di atas. Berbagai jenis bantuan telah diberikan seperti KIS(Kartu Indonesia Sehat) untuk kesehatan, beasiswa BIDIKMISI untuk pendidikan, serta adanya bantuan langsung tunai yang rutin diberikan kepada masyarakat.

Permasalahan tidak serta merta hilang begitu saja. Sikap sosial masyarakat yang tidak sabaran memicu terjadinya kerusuhan dalam pemberian bantuan tersebut. Selain itu, bantuan langsung tunai yang notabene harus dimanfaatkan untuk kebutuhan pokok tidak jarang justru digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Hal ini merepresentasikan masih terdapat penyalah gunaan bantuan yang diberikan.

 

Konsep Solusi

E-KTP merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk digitalisasi data kependudukan. Namun sampai saat ini, E-KTP hanya digunakan sebagai identitas saja. Padahal dengan teknologi mutahir yang terdapat pada E-KTP, kita dapat memanfaatkannya di berbagai bidang.

Melihat adanya peluang pemanfaatan E-KTP dan dorongan masalah yang ada, kami mencoba untuk memberikan solusi berupa pemanfaatan E-KTP untuk menyelesaikan permasalahan penyampaian bantuan pemerintah kepada masyarakat.

Konsep yang kelompok kami tawarkan yaitu dengan memanfaatkan Arduino UNO serta NFC reader sebagai komponen utamanya. Sistem ini akan terhubung dengan Cloud sebagai penyimpanan database E-KTP. Nantinya pemerintah yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat dapat melakukan “top-up” saldo yang ada pada E-KTP masyarakat. Masyarakat sebagai pengguna dapat menggunakan hal tersebut untuk ditukarkan menjadi sembako maupun kebutuhan primer yang lain. Gambar di bawah ini menjelaskan mengenai keterhubungan antar komponen yang digunakan pada sistem yang akan kami kembangkan

Diagram

Dengan adanya solusi sistem yang akan kami buat diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada saat ini.

Kelompok :

  • Arsi Amallah Binhaq
  • Dzaky El Fikri
  • Santo Wijaya

 

Sumber :

Advertisements

One thought on “Ide Proyek IMKA : Scanner E-KTP sebagai Solusi Penyampaian Bantuan Pemerintah Kepada Masyarakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s